Jumat, 28 November 2008

Poin-Poin Kebahagiaan

Rakus dan serakah adalah dua sifat yang merongrong dari dalam. Dan cara mengobatinya harus dengan komposisi obat-obatan berikut:


1. Hidup hemat dan bijaksana dalam mengeluarkan uang. Orang yang gemar berbelanja, tidak akan pernah merasa cukup, bahkan akan menjadi semakin kikir dan serakah. Hidup hemat merupakan kunci kepuasan diri (qana’ah). Sebuah khabar menyebutkan: “Merencanakan (segala sesuatu) adalah separuh dari kehidupan.”

2. Jangan terlalu cemas menghadapi masa depan. Caranya, batasi angan-anganmu, dan yakinlah bahwa masalah rezki itu sudah ditentukan, dan pasti akan sampai kepadamu.

3. Bertakwalah kepada Allah, karena Dia berfirman dalam Al-Qur’an: “Barang siapa bertakwa, maka Allah akan memberikan kepadanya jalan keluar dan memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (QS. Ath-Thalaq: 2)

4. Memahami bahwa di balik kepuasan diri itu terdapat nilai positif tersendiri berupa perasaan cukup, dan bahwa di balik tamak dan loba itu terdapat nilai negative. Kemudian belajar banyak dari semua itu.

5. Banyak-banyak merenungi kehidupan para nabi dan orang-orang yang shaleh dengan sifat qana’ah, dan rendah hati mereka dalam menikmati hidup, dan kecintaan mereka terhadap akhirat. Jadikanlah mereka teladan dalam hidupmu.

6. Lihatlah mereka yang bernasib tak lebih baik darimu.


Dikutip dari: “Menjadi Wanita Paling Bahagia” DR. Aidh al-Qarni

Tidak ada komentar: